Ruang lingkup survei kepuasan para pemangku kepentingan ini menilai bagaiamana dosen, tendik dan mahasiswa mendapatkan layanan oleh institusi. Layanan yang diberikan diinstitusi bervariatif sesuai dengan penerima layanan
Pelaksanaan survei kepuasan ini dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian hasil survei, yang mencakup langkah-langkah, sebagai berikut:
- Menyusun instrumen penilaian
- Menentukan besaran dan teknik penarikan sampel
- Menentukan responden
- Melaksanakan penilaian
- Mengolah hasil penilaian
- Menyajikan dan melaporkan hasil
Hasil pengukuran tingkat kepuasan pemangku kepentingan terhadap layanan berupa indeks kepuasan (1-4). Indeks kepuasan tersebut selanjutnya akan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Proses pengolahan data dilakukan dengan program Excel. Selanjutnya melakukan penyusunan tabel klasifikasi untuk menentukan nilai rata-rata kepuasan tiap aspek yang didapatkan, sehingga dapat disimpulkan tingkat kepuasan. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat disusun tabel klasifikasi skala kepuasan pemangku kepentingan terhadap layanan di Universitas Sari Mulia. Adapun tabelnya adalah sebagai berikut:
Nilai | Range | Klasifikasi Kepuasan (KK) |
---|---|---|
1 | 0 s.d 55 | Kurang Puas (KP) / Kurang (K) |
2 | 56 s.d 70 | Cukup Puas (CP) / Cukup (C) |
3 | 71 s.d 85 | Puas (P) / Baik (B) |
4 | 86 s.d 100 | Sangat Puas (SP) / Sangat Baik (SB) |
Berikut ini adalah Hasil Grafik Penilaian Kepuasan Layanan Tahun Akademik 2022/2023 Semester Ganjil :